Background Songs

Sabtu, 26 Januari 2013

Garuda - Mahluk Mitologi Indonesia

Kalau di postingan sebelum nya saya memposting tentang Mahluk Mitologi Yunani , maka kali ini saya akan memposting tentang mahluk mitologi Inodnesia. Selamat membaca :)


Garuda adalah mahluk mitologi asli indonesia. Selain merupakan mahluk mitos, garuda juga merupakan lambang negara Indonesia berikut adalah sedikit cerita mitos mengenai garuda menurut kepercayaan hindu. Garuda merupakan tokoh dalam mitologi Hindu, Budha dan Mesir kuno. Dalam agama Hindu dan Budha, Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.

Garuda memiliki tubuh separuh manusia, separuh burung, Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kasyapa dan Winata, salah seorang putri Dak?a. Ia musuh bebuyutan ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, Kadru, ibu para ular.
Sinar Garuda sangat terang sehingga para Dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda seringkali dilukiskan memiliki kepala, sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.
Ia memiliki putra bernama Sempati (Sampati) dan istrinya adalah Unnati atau Winayaka. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.
Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para Dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.
Di Jepang, garuda dikenal sebagai Karura. Makhluk ini memiliki tubuh manusia dan kepala seekor elang. Makhluk ini berdasarkan Garuda dan dibawa ke Jepang dengan penyebaran agama Buddha.
Nama Karura juga merupakan pelafazan bahasa Jepang dari kata Sansekerta garuda. Namun nampaknya bentuk Jepang ini diambil dari bahasa Pali garuda.
Beberapa orang berpendapat bahwa Garuda sama dengan Phoenix namun kenyataan nya sama sekali berbeda. Nantikan seri mahluk mitologi indonesia lainnya ya? masa hanya mahluk mitologi yunani saja yang kita kenal? ada baiknya kita juga mengenal lebih dalam soal mahluk mitos indonesia asli seperti si garuda ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar